82 Tahun RMS Dirayakan di Gedung Kesenian Sumbar

Senin, 19/02/2018 14:44 WIB
Rusli Marzuki Saria (Foto Yose)

Rusli Marzuki Saria (Foto Yose)

Padang, sumbarsatu.com—Perayaan 82 tahun Rusli Marzuki Saria, sastrawan nasional asal Sumatera Barat akan digelar di Gedung Kesenian Sumatera Barat, Sabtu (3/3/2018).

"Acara ini milik kita bersama dan untuk membahagiakan Papa Rusli Marzuki Saria, tokoh yang telah banyak membina para penulis. Kegiatan ini momen untuk merawat silaturahmi antara sesama penulis dari berbagai komunitas kepenulisan yang ada di Sumatra Barat," kata Sastri Bakry, Ketua Panitia Penyelenggara, Senin (19/2/2018).

Menutur Sastri, beberapa penyair telah terkonfirmasi bersedia membaca sajak antara lain Andria C. Tamsin, Pinto Janir, Iyut Fitra, Armensyah, Esha Tegar Putra, Mahatma Muhammad, Rifky Satria Jamal, Deni Saputra, Refdinal Muzan, Sofia Trisni, Anggi, dan Safira, serta para penyair Sumbar lainnya.

Selain pembacaan puisi, juga digelar lapak buku puisi penyair-penyair yang telah terbit. Sastri mengatakan, kegiatan ini diapresiasi Dinas Kebudayaan Sumatera Barat yang awalnya akan digelar di Lapau Nasi Uni Tinum - Parupuak Tabiang.

“Ya benar, kita mengapresiasi kegiatan perayaan 82 tahun Papa Rusli Marzuki Saria. Kita akomodir karena ini sebagai penghormatan untuk beliau,” kata Taufik Effendi.

Selain Gubernur Sumbar, panitia penyelenggara juga akan mengundang Taufiq Ismail dan Fadli Zon,  juga musisi Sumatra Barat, Fris Okta Falma bersama tim keseniannya untuk mengiringi para penyair yang ingin tampil musikalisasi puisi.

“Pada perayaan ini juga akan ada peluncuran buku terbaru karya papa Rusli Marzuki Saria ‘Parewa Sato Sakaki’, dan juga orasi sastra oleh Yulizal Yunus, yang juga akan meluncurkan buku terbarunya tentang papa Rusli Marzuki Saria, ‘Sang Pengawal Sastra’. Bagi yang ingin koleksi buku-buku papa Rusli Marzuki Saria kita juga akan buka basar khusus buku-buku karya papa Rusli Marzuki Saria, yang akan dikelola oleh Chairita Chaidir,” kata Dasril Ahmad, salah seorang panitia.

Sementara itu, maestro sastra Sumatera Barat Rusli Marzuki Saria mengatakan, karya monolog “Multatuli Pacaran” akan dibacakan Yolanda Putri Pratami. (SSC)

BACA JUGA