Achyar "Tan Baro" Sikumbang Dilepas Rektor UNP dengan Duka Mendalam

SUMBAR KEHILANGAN SENIMAN RUPA YANG AKRAB DENGAN PARA MUDA

Senin, 19/02/2018 13:54 WIB
Rektor UNP Prof Ganefri, PhD, saat melepas almarhum Achyar Sikumbang Rektorat UNP, Senin (19/2/2018)

Rektor UNP Prof Ganefri, PhD, saat melepas almarhum Achyar Sikumbang Rektorat UNP, Senin (19/2/2018)

Padang, sumbarsatu.com--Rektor bersama dengan civitas akademika Universitas Negeri Padang serta kerabat melepas secara resmi jenazah almarhum Achyar Sikumbang untuk dimakamkan di pandam pekuburan Ikatan Keluarga Banuhampu Agam di Mato Aie, Padang, Senin (19/2/2018).

Seniman yang juga mantan Komandan Resimen Mahasiswa Univeristas Negeri Padang 1980-an dan Kepala Humas UNP 2000-2004 meninggal di Wisma Indah III, Tabing, Kota Padang, Minggu 18 Februari 2018 pukul 16.00.

Almarhum Achyar Sikumbang yang semasa mudanya terkenal dengan pencipta karakter atau tokoh "Tan Baro" di Harian Singgalang ini dimakamkan di Pemakaman Ikatan Keluarga Banuhampu, Kabupaten Agam di Mato Aie. Namun sebagai salah seorang civitas akademika UNP dengan jabatan fungsional terakhir Lektor Kepala di Jurusan Seni Rupa FBS ini disemayamkan terlebih dahulu di Rektorat UNP.

Selama menjadi dosen Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS, Achyar Sikumbang kelahiran Bukittinggi 10 Oktober 1946 ini didampingi seorang istri bernama Megawati (68).

Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD, saat melepas almarhum mengatakan, Achyar Sikumbang sudah mengabdikan dirinya di UNP sejak tahun 1987 dan pensiun tahun 2011 dan gelar megister dari ITB.

"UNP sangat kehilangan sosok yang produktif dalam kariernya. Achyar sosok dosen yang aktif sebagai praktisi seni rupa Sumatera Barat. Bahkan Achyar sebagai seniman aktif mengikuti pameran baik daerah nasional dan internasional serta terlibat diskusi-diskusi seni rupa diberbagai forum," kata Ganefri.

Sebelum meninggal, Achyar Sikumbang dirawat di Rumah Sakit Yos Sudarso karena komplikasi lambung.

"Selamat jalan Pak Achyar semoga mendapat tempat yang layak disisiNya," ujar Rektor Ganefri.

Tampak hadir rekan almarhum antara lain Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum, Prof Dr Harris Effendi Thahar, Komanda Menwa Maharuyung Sumbar Fauzi Bahar, mahasiswa serta beberapa pejabat di UNP.

Semasa hidupnya, selain melakukan pameran lukisan baik tunggal maupun bersama di pelbagai kota di Indonesia, proses kreativitasnya dijalani puluhan tahun bersama Harian Singgalang sebagai ilustrator.

Sosok "Tan Baro" jadi maskot di Harian Singgalang merupakan ciptaan Achyar Sikumbang. "Tan Baro" setiap minggu hadir menemani pembaca harian ini. Untuk ilustrasi karya fiksi berupa cerpen dan cerbung yang terbit di surat kabar ini tak lepas dari sentuhannya.

Achyar Sikumbang juga dikenal dengan dengan mahasiswanya dan perupa muda usia. Ia selalu memberi dorongan dan motivasi agar para muda ini terus berkarya. Selamat jalan Abang Achyar. (SSC)

BACA JUGA