Selasa, 13/02/2018 21:38 WIB

Dinas Pendidikan Pasaman Barat Gelar Serentak Seleksi OSN

Dinas Pendidikan Pasaman Barat menggelar seleksi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kecamatan secara serentak untuk pertama kalinya

Dinas Pendidikan Pasaman Barat menggelar seleksi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kecamatan secara serentak untuk pertama kalinya

Simpang Empat, sumbarsatu.com-- Dinas Pendidikan Pasaman Barat menggelar seleksi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kecamatan secara serentak untuk pertama kalinya di kabupaten tersebut.

Seleksi OSN dibuka secara langsung oleh kepala Dinas Pendidikan Pasbar, Marwazi, di Sekolah Dasar (SD) Negeri 18 Pasaman, Selasa (13/2/2018).

"Seleksi OSN untuk tingkat SD yang dilakukan hari ini secara serentak diseluruh kecamatan, merupakan sejarah baru dalam dunia pendidikan di Pasbar. Ini kali pertama Disdik Pasbar menggelar seleksi OSN serentak dengan soal dan pengawasan yang sama di seluruh kecamatan yang ada," ungkap Marwazi.

Menurut dia, OSN merupakan kompetisi bergengsi dalam dunia pendidikan, dengan melombakan dua cabang mata pelajaran yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Pada dasarnya, seleksi dilaksanakan setiap tahunnya secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.

"Dari hasil seleksi tingkat kecamatan, akan diambil peserta lomba yang meraih peringkat 1, 2 dan 3 dari setiap cabang yang kemudian akan dilanjutkan mengikuti seleksi di tingkat kabupaten, begitu seterusnya," jelasnya.

Dikatakan, seleksi OSN tingkat kabupaten Pasbar sendiri akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang, untuk tingkat Provinsi pada bulan April dan tingkat nasional dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 7 Juli mendatang di kota Padang.

"Ada beberapa tujuan dari penyelenggaraan OSN yang harus kita ketahui, disamping melihat bakat dan kemampuan lebih, yang dituntut adalah meningkatkan pemahaman terhadap Matematika dan IPA," sebutnya.

Disebutkan, OSN juga ditujukan untuk meningkatkan kemampuan membaca. Dengan adanya peningkatan kemampuan membaca, peserta didik diharapkan mampu memahami secara cepat soal-soal yang ada. Seterusnya, berlatih menulis dengan cepat dan benar.

"Tujuan selanjutnya dari seleksi OSN adalah anak-anak SD punya pengalaman untuk bisa meningkatkan daya ingat dan pemahaman terhadap sesuatu, meningkatkan penalaran dan kemampuan untuk melihat yang nyata dan yang abstrak," katanya.

Marwazi berharap melalui seleksi OSN bisa dicapai beberapa perubahan berupa inovasi dan kreasi dalam wujud penemuan baru yang bermanfaat untuk dunia pendidikan di Pasbar.

"Selamat berlomba. Jujur, sportif, kerja keras dan patuhi pembimbing. cerdaskan pikiran, haluskan perasaan, tingkatkan menulis, tingkatkan membaca, tingkatkan berhitung dan tingkatkan budi pekerti," pungkas Marwazi.

Sementara, panitia pelaksana seleksi OSN SDN 18 Pasaman, Azizkan, menyampaikan bahwa seleksi OSN untuk kecamatan Pasaman dikuti oleh 114 orang siwa-siswi. 58 orang mengikuti cabang Matematika dan 56 orang lainnya pada cabang IPA. (SSC)

 

BACA JUGA