Selasa, 13/02/2018 06:53 WIB

Mayoritas Muzaki di Baznas Agam ASN

Ketua Baznas Agam, Ir. Eldi Zein, MS

Ketua Baznas Agam, Ir. Eldi Zein, MS

Agam, sumbarsatu.com- Mayoritas wajib zakat (muzaki) yang menyalurkan zakatnya pada Basnas Agam adalah Aparatur Sipil Negara (ASN), ungkap Ketua Baznas Agam, Ir. Edli Zein, MS, dalam perbincangan dengan sumbarsatu.com, Senin (12/2/2018),di ruang kerjanya.

Untuk muzaki di luar ASN hanya sekitar 3 persen, dari sekitar 7.000-an muzaki. Memreka pada umumnya perantau, yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas Agam.

Dengan jumlah muzaki demikian, tahun 2017, jumlah sakat yang disalurkan melalui Baznas Agam Rp8.8 miliar. Namun penyaluran dana pada tahun itu mencapai Rp11 miliar. Karena ditambah dengan saldo yang ada pada kas Basnaz Agam.

“Tahun kini kita menargetkan pemasukan,melalui penyaluran zakat dari muzaki, Rp8.9 miliar,” ujarnya.

Untuk meningkatkan penyaluran zakat dari masyarakat, Eldi Zein mengkau sudah melakukan berbagai cara. Seperti melalui sosialisasi, memanfaatkan berbagai media. Antara lain media dakwah, sosialisasi langsung kepada muzaki, dan melalui acara pertemuan di tengah masyarakat.

Ia menduga, banyak warga di luar ASN, menyalurkan langsung zakatnya kepada penerima (mustahid). Mereka adalah kerabat dekat para muzaki, yang termasuk asnaf nan delapan.

“Hal itu tidak bertentangan dengan ajaran agama, dan bisa dibenarkan. Namun menyalurkan zakat melalui Baznas ada nilai tambahnya, antara lain penyalurannya jelas lebih tepat sasaran dan tepat guna,” ujarnya pula.

Baznas Agam sudah punya program yang jelas dalam menyalurkan dana zakat. Program dimaksud adalah Program Agam Cerdas, Agam Sehat, Agam Makmur, Agam Peduli, dan Agam Taqwa.

Dana zakat disalurkan kepada yang berhak,melalui seleksi yang ketat. Dengan demikian, para penerima zakat dari Baznas Agam benar-benar mereka yang membutuhkan.

“Bila zakat disalurkan melalui Baznas Agam, diyakini mampu membantu warga keluar dari kemiskinan,dan kebodohan,” ujarnya, yakin. (MSM)

Ketua Baznas Agam, Ir. Eldi Zein, MS

 

BACA JUGA