Raja Pagaruyung Muhammad Taufiq Thaib Berpulang

-

Kamis, 01/02/2018 21:15 WIB
Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Mudo Mahkota Alam (2013). Foto Keluarga

Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Mudo Mahkota Alam (2013). Foto Keluarga

Padang, sumbarsatu.com--Sutan Haji Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Mudo Mahkota Alam Pagaruyung Darul Qhoror atau Muhammad Taufiq Thaib, Pemangku Daulat Raja Alam di Pagaruyung, Tanah Datar, meninggal dunia, Kamis (1/2/2018) pukul 20.05 di Rumah Sakit Umum M Djamil Padang karena sakit.

Muhammad Taufiq Thaib menghembuskan napas terakhirnya dalam usia 65 tahun setelah menjalani rapat intensif sejak 8 Januari lalu.

Anton Yondra, Ketua DPRD Tanah Datar mengabarkan berita duka ini melalui media sosial. "Innalillahi wainnailahi rojiun, telah berpulan ke rahmatullah Bapak SM Taufiq di Rumah Sakit Umum M Djamil Padang Kamis (1/2/2018) pukul 20.05. Turut berduka cita yang mendalam," kata Anton, Kamis (1/2/2018).

Salah seorang kerabat keluarga besar Istana Silinduang Bulan Pagaruyung, Syafnir Paduko Siramo, mengatakan malam ini (Kamis) jenazah almarhum dibawa ke Pagaruyung dari Padang.

"Para kerabat kerajaan sudah kami diinformaskani atas mangkatnya Pemangku Daulat Raja Alam Pagaruyung kepada keluarga di Pagaruyung, kabupaten dan kota di Sumbar, provinsi tetangga hingga negara sahabat seperti Malaysia, Kerajaan Brunai dan lainnya. Rencana akan dimakamkan Jumat (2/2/2018) besok di Pandam Pakuburan Istano Silinduang Bulan," kata Syafnir Paduko Siramo.

Raja Pagaruyung yang bergelar lengkap “Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror Sultan H. Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti” meninggalkan satu orang istri dan dua anak, yaitu Emir Hidayat, seorang dosen yang saat ini sedang berada di Kerajaan Bahrain dan Arif Budimansyah.

Di media-media sosial, baik Facebook, WhatsApp, dan Instagram, ucapan duka atas wafatnya Muhammad Taufiq Thaib dari berbagai pihak terus mengalir antara lain, Werry Darta Taifur dan Khairul Jasmi, Komisaris PT Semen Padang, Wiztian Yoetri, dan Haji Boy Lestari Datuk Palindih.

Sebelum jenazah dibawa ke kampung halamannya, Guibernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama istri, Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Taufik Effendi, Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus, terlihat berkunjung ke RSU M Djamil Padang.

Sampai berita ini diturunkan, rencana pelekatan gelar sangsako yang diberikan keluarga Kerajaan Pagaruyung kepada Presiden Joko Widodo, pada Jumat 8 Februari 2018 belum bisa dikonfirmasi apakah sesuai dengan jadwal atau ditunda. (SSC/NA)

Pagaruyung, Sumatera - Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Mudo Mahkota Alam (2013)
 

BACA JUGA