Senin, 08/01/2018 19:36 WIB

Agam Kembangkan Kawasan Buah

-

-

Agam, sumbarsatu.com-Pemkab Kabupaten Agam, berupaya mengembangkan produksi buah-buahan, dengan berbagai cara, terutama dengan melakukan pengembangan kawasan buah. Pada tahun 2018, direncanakan pengembangan kawasan buah seluas 65 hektar.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Ir. Afdhal, didampingi Kasi Pembenihan dan Perlindungan Holtikultura, Indrawati, SE, Senin (8/1/2018) di ruang kerjanya.

Menurutnya, tahun ini pengembangan kawasan difokuskan untuk komoditas tanaman Jeruk seluas 35 hektar, dan Manggis 30 hektare.

Dijelaskan, pengembangan kawasan dilakukan dengan cara memberikan bantuan bantuan bibit kepada kelompok tani. Di samping itu juga memberikan pendampingan, berupa penyuluhan dan pemeliharaan, untuk mendukung peningkatan produksi.

"Kita harapkan beberapa tahun ke depan hasil produksi buah-buahan di Kabupaten Agam mampu menguasai pasar lokal, bahkan ekspor ke daerah lain," ujarnya berharap.

Untuk itu, Afdal mengajak para pelaku usaha segera berbenah, agar hasil panen mampu diserap pasar. Selain mempersiapkan bibit, pasca panen pun harus diperhatikan dengan benar.

"Ada standar yang jelas, baik saat memotong, menyeleksi kualitas dan mempersiapkan kemasan yang baik," katanya lagi.

Pihaknya juga membidik lahan kosong di pekarangan warga melalui program " Agam Menyemai." Ia berharap, tidak ada lagi sejengkal tanah pun tersia-sia di daerah itu. Seluruhnya harus benar-benar dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga. (MSM)

BACA JUGA