Jum'at, 05/01/2018 20:00 WIB

Sapi Bebas Berkeliaran di Kota Painan, Ini Penampakannya

Ini penampakan puluhan ternak sapi milik masyarakat masih bebas berkeliaran di jantung Kota Painan Jumat (5/1/2018). Kehadiran sapi-sapi ini di jalan raya mengganggu ketertibanan dan kenyamanan masyarakat.

Ini penampakan puluhan ternak sapi milik masyarakat masih bebas berkeliaran di jantung Kota Painan Jumat (5/1/2018). Kehadiran sapi-sapi ini di jalan raya mengganggu ketertibanan dan kenyamanan masyarakat.

Pessel, sumbarsatu.com--Akibat kurangnya pengawasan dari masyarakat dan dinas terkait, puluhan hewan ternak sapi milik masyarakat masih bebas berkeliaran di jantung Kota Painan Jumat (5/1/2018). Kehadiran sapi-sapi ini di jalan raya mengganggu ketertibanan dan kenyamanan masyarakat.

Pantauan sumbarsatu.com di lapangan, sekelompok sapi berbaris berjalan di Kota Painan dari ukuran yang kecil hingga yang besar di bundaran UHA yang tak jauh dari pusat perkantoran serta RSUD Zain Painan.

Salah seorang warga setempat, Oyong (55) mengatakan, seharusnya kota yang sudah pernah banyak mendapat penghargaan tentu harus cepat dan respons terhadap sesuatu objek yang akan merusak pemandangan dan keindahan kota sehingga tidak terkesan adanya pembiaran yang bisa mengganggu serta meresahkan masyarakat.

"Sebenarnya ini adalah tugasnya dari Satpol PP yang ditunjuk untuk menertibkan keindahan kota dan ini salah satunya seperti keberadaan sapi-sapi yang berkeliaran dipusat kota, anehnya kenapa dibiarkan begitu saja," ujarnya Oyong kepada sumbarsatu.

Ia menambahkan, jangan-jangan, dinas terkait itu hanya melaksanakan tugas jika diperintahkan, namun sebaliknya jika tidak di perintahkan maka mereka akan cuek dengan keadaan tersebut, seolah-olah tatanan kota steril dari gangguan yang dapat merusak keindahan.

Dirinya berharap kepada dinas dan instansi terkait pemerintah kota Pessel agar serius dalam menangani maraknya hewan ternak liar yang berkeliaran dipusat kota, pasalnya Sapi tersebut sangat mengganggu terutama bagi pengguna jalan roda dua maupun roda empat.

Plt Dinas Pol PP Dan Damkar Pessel, Dailipal mengatakan, pihaknya selalu melakukan pemantaun terhadap hewan ternak yang berkeliaran di Kota Painan ini.

"Kalau nampak kami tangkap, dan kami bawa ke Mako Satpol PP untuk dikembalikan kepada pemiliknya, dan saat itu kami beri peringatan kepada pemilik hewan ternak tesebut," ujarnya.

Selain itu pihaknya juga melakukan pendekatan kepada pemilik sapi, serta melakukan kerja sama dengan pihak nagari.

Diakuinya, pihaknya memang agak kesulitan saat menangkap, karena dalam Perda tidak menjelaskan hewan ternak untuk dikandangkan selama di Kantor Satpol PP dan lagi pula kandangnya pun tidak ada disediakan oleh pihaknya. (MIN)

BACA JUGA