Selasa, 02/01/2018 20:12 WIB

Seorang Bocah di Pessel Diduga Terkena Difteri

DIRAWAT DI RUMAH SAKIT M DJAMIL PADANG

Pasien inisial M (13), warga Sago, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) diduga mengalami penyakit difteri

Pasien inisial M (13), warga Sago, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) diduga mengalami penyakit difteri

Pessel, sumbarsatu.com--Pasien inisial M (13), warga Sago, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) diduga mengalami penyakit difteri. Kini M dirawat di Rumah Sakit M Djamil Padang, sejak Senin (1/1/2018) malam.

"Untuk pasien inisial M masih suspect atau statusnya masih tersangka. Memang dilihat dari gejalanya ada indikasi ke arah sana, tetapi kami belum bisa memastikan. Karena kepastiannya harus melalui diagnosa tenggorokan. Kini paisen, kami rujuk ke RSUP M. Djamil Padang," kata Kabid Pelayanan Medis RSUD M. Zainizen Painan, Vera Kornita di rungan kerjanya Selasa (2/1/2018).

Dengan begitu, lanjut Vera, pihaknya belum bisa menyimpulkan secara pasti, apakah pasien tersebut positif terjangkit virus difteri atau tidak. Dikarenakan harus tes laboratorium di RS M. Djamil Padang.

"Kami menunggu hasil itu, kalau sudah keluar hasilnya nanti kami kasih tahu. Dalam meneliti kasus ini jangan gegabah. Kami harus memastikan dan menunggu hasil terlebih dahulu melalui tes laboratorium di RSUP M. Djamil Padang," ujarnya.

"Sehingga kami saat ini masih menunggu hasilnya. Jadi sementara ini statusnya masih tersangka. Hasil laboratorium dapat diketahui selama 1-2 minggu kedepan. Kita tunggu saja hasilnya," ungkapnya.

Namun begitu, ia menambahkan, pasien inisial M yang diduga menderita difteri itu sudah diberi pengobatan secara intensif.

"Meskipun statusnya masih tersangka, tetapi pengobatannya terus dilakukan. Dan kami pun juga memberi obat kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasein serta kepada petugas medis yang menangani pasien tersebut," ujarnya.

Hal itu sebagai upaya pencegahan agar tidak menularkan virus difetri ke nan lainnya, tutupnya. (MIN)

BACA JUGA