Kamis, 07/12/2017 14:31 WIB

Sanggar Siti Rasani Wakili Sumbar ke Parade Lagu Nusantara 2017 Tingkat Nasional

-

-

Agam, sumbarsatu.com--Tim Kesenian Sanggar Siti Rasani, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, ditunjuk mewakili Sumatera Barat (Sumbar) untuk tampil pada Parade Lagu Nusantara 2017 tingkat Nasional, di Sasono Langen Budoyo TMII Jakarta, Sabtu (9/12/2017) dan Minggu (10/12/2017).

Sanggar binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam itu akan tampil dengan karya sendiri.

"Kegiatan yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata UPTD Anjungan Sumbar TMII tersebut, diikuti seluruh provinsi yang ada di Indonesia, dan Agam ditunjuk mewakili Provinsi Sumatera Barat," ujar Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam Yelidar, S,Sos, usai gelar gladi resik akhir di GOR Padang Baru Lubuk Basung, Rabu (6/12/2017).

Dikatakannya, kabupaten/kota yang ada di Ranah Minang bergiliran mewakili Sumbar. Sebelumnya Sumbar diwakili Kabupaten Tanah Datar. Kegiatan yang berlangsung dua hari itu, bertemakan cinta damai, sesuai juknis dari panitia pelaksana.

"Lebih membanggakan lagi, kita dari Kabupaten Agam, khususnya Sanggar Siti Rasani, Kecamatan Lubuk Basung, akan tampil dengan lirik dan aransemen karya sendiri, yang diciptakan Jefri Abdulah putra asli Lubuk Basung," ujarnya.

Tim yang beranggotakan 11 orang tersebut, akan bertolak ke Jakarta Jum'at (8/12/2017). Agam sudah dua kali mengikuti parade tersebut. Kali pertama mewakili Sumbar pada 2007 lalu. Kala itu berhasil menembus posisi sepuluh besar.

Saat itu, parade yang diikuti Agam adalah Parade Lagu Nusantara, Parade Musik Nusantara, dan Tari Nusantara. Kali ini diharapkan Agam bisa menggeser posisi tersebut pada posisi yang lebih membanggakan lagi, sehingga bendera Kabupaten Agam bisa berkibar di kancah nasional, di bidang kebudayaan.

"Mudah-mudahan hasil karya anak nagari ini bisa menjadi nilai plus dari dewan juri nantinya," ujarnya berharap.

Terkait keberangkatan Sanggar Siti Rasani, Sekdakab Agam Drs. H. Martias Wanto, MM Dt. Maruhun, memberikan suport kepada tim tersebut. Dia mengaku bangga Agam kembali ditunjuk sebagai perwakilan Sumbar untuk mengikuti parade berskala nasional itu.

"Bahkan Agam bakal tampil dengan karya sendiri, ini sangat luar biasa. Mudah-mudahan, keberangkatan Sanggar Siti Rasani membawa keberhasilan untuk Kabupaten Agam, khususnya bagi masyarakat Minangkabau, karena yang bakal ditampilkan adalah alat musik bernuansa etnik, mulai dari alat musik tradisional sampai modern" ujarnya berharap. (MSM)

Anggota Sanggar Siti Rasani dalam sebuah penampilan

 

BACA JUGA