Selasa, 05/12/2017 23:57 WIB

Pemkab Pessel Akan Terapkan Transaksi Nontunai pada 2018

Dalam jumpa pers Kepala Bagian Humas dan Protokoler, Wendi   terkait penerapan sistem keuangan tersebut akan dilakukan di seluruh jajaran instansi di pemerintah daerah ini.

Dalam jumpa pers Kepala Bagian Humas dan Protokoler, Wendi terkait penerapan sistem keuangan tersebut akan dilakukan di seluruh jajaran instansi di pemerintah daerah ini.

Pessel, sumbarsatu.com--Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) akan menerapkan sistem e-money atau transaksi nontunai untuk mengatur pengeluaran atau pembayaran belanja dari sumber anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di tahun 2018 di jajaran pemerintah tersebut.

Dalam jumpa pers Kepala Bagian Humas dan Protokoler, Wendi mengatakan, penerapan sistem keuangan tersebut akan dilakukan di seluruh jajaran instansi di pemerintah daerah ini.

Menurutnya, ketentuan tersebut mengacu pada arahan serta petunjuk yang diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri yang sudah melakukan MoU dengan KPK RI.

"Jadi, seluruh aktivitas belanja dan pembayaran akan menggunakan transaksi e-Money. Baik itu pembayaran belanja pegawai maupun tenaga honorer, belanja hibah, bantuan sosial, dan belanja langsung lainnya," katanya.

Ia menjelaskan, penerapan e-Money pada sistem keuangan jajaran pemerintah daerah tersebut, juga dilakukan terhadap pembayaran pihak ke tiga.

"Termasuk pembayaran kerjasama dengan media massa, ke depannya juga akan diterapkan sistim E-Money, " katanya.

Jadi total keuangan APBD Pemkab Pessel tahun 2018 ini, dengan total yang disetujui DPRD Rp 1,606 triliun. Dengan rincian, alokasi pendapatan Rp1,474 triliun, dan belanja Rp1,561 triliun, dengan rentang devisit Rp87,037 miliar. (MIN)

BACA JUGA