Selasa, 14/11/2017 07:45 WIB

50 Ribu Benih Bada Dilepas ke Danau Maninjau

RESTOCKING IKAN ENDEMIK

-

-

Agam, sumbarsatu.com--Untuk melestarikan ikan endemik, 50.000 ekor benih ikan endemik jenis bada, ditebar ke perairan Danau Maninjau, Senin (13/11/2017), seperti disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau, Yoyok Sudarso.

Menurutnya, penebaran benih ikan tersebut dalam upaya meningkatkan populasi ikan di perairan Danau Maninjau, dan meningkatkan produksi ikan.

Selain itu, juga untuk melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama para nelayan.

“Harapan kita, benih ikan ini dapat hidup dan berkembang biak nantinya," ujarnya.

Dijelaskan, kebijakan itu merupakan komitmen bersama Pemerintah Kabupaten Agam, bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau, dan PLN, guna melestarikan keanekaragaman hayati Danau Maninjau.

"Bibit yang diserahkan dan ditebar ini merupakan bibit unggul, ini juga merupakan komitmen dan kepedulian dari berbagai kalangan, sehingga penebaran ikan ini dilaksanakan," ujarnya pula.

Pelestarian lingkungan Danau Maninjau, tidak bisa lepas dari keberlangsungan hidup ikan-ikan endemik, yang selama ini ada di Danau Maninjau.

Karena itu, ia berharap masyarakat dapat menjaga dan memelihara ikan tersebut, sehingga apa yang diharapkan dari upaya restocking itu tercapai nantinya.(MSM)

BACA JUGA