Minggu, 12/11/2017 11:19 WIB

Andalas Film Exhibition Gelar Kelas Fim bagi Pelajar se-Sumbar

-

-

Padang, sumbarsatu.com--Iven Andalas Film Exhibition (AFE)  akan digelar pada 18 November hingga 3 Desember 2017. Dalam helat AFE ini terdapat agenda Kelas Film Pelajar se-Sumatera Barat. Peserta terdiri dari beberapa SMA se-derajat di Sumbar, seperti SMAN 5 Bukittinggi, SMKN 7 Padang, SMAN 3 Painan dan SMAN 1 Kecamatan Guguak.

Pembukaan kelas film ini akan diselengarakan pada tanggal 17 November 2017 di Ruang Flas, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.

“Kelas film ini bertujuan untuk menumbuhkan iklim kondusif perfilman di Sumbar, untuk re-generasi akan dicari melalui kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Kelas film juga merupakan ruang yang sangat dibutuhkan untuk mengedukasi pelajar Sumbar dalam bidang perfilman, karena sejauh ini pelajar Sumbar sangat kurang akses ke dunia perfilmnan,” ujar Pungkas, programmer workshop kelas fim AFE saat ditemui di Sekretariat AFE Minggu (10/11/2017).

Dalam kelas film ini akan ada 3 pembagian kelas, yaitu kelas penyutradaraan, kelas penulisan skenario, dan kelas manajemen produksi. Materi nantinya akan diberikan oleh pegiat film dari berbagai komunitas di Sumbar. Materi kelas penyutradaraan adalah Findo Bramata, sutradara film yang bergiat di RelAir Cinema, pemateri kelas penulisan skenario yaitu S. Metron Madison, penulis naskah skenario bergiat di Ranah PAC dan pemateri kelas manajemen produksi yaitu Elsa Ramadhani, produser film yang bergiat di RelAir Cinema.

Untuk lokasi penyelenggaraan Kelas Film akan diselenggarakan di dua tempat. Hari pertama dilaksanakan di BPNB Sumatera Barat, Jln Raya Belimbing, No 16 A, Kuranji, Padang dan hari kedua di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.

Selain itu acara AFE ini didukung penuh oleh BPNB Sumbar. Saat ditemui di kantor BPNB Sumbar, Drs Suarman selaku Kepala Dinas BPNB Sumbar menyatakan “program ini suatu langkah yang baik, karena sumber daya manusia di bidang perfilman sangat dibutuhkan sekali pada masa kini.

“Semoga dengan adanya program ini lahir sumber daya manusia dengan skill dalam bidang perfilman,” jelas Pungkas.

Untuk informasi terkait AFE dapat diakses melalui situs: andalasfilmexhibition.org atau melalui jaringan media sosial instagram :@andalasfilmexhibition_ (SSC/res)

BACA JUGA