Selasa, 07/11/2017 20:05 WIB

Tiga Tahun ke Depan, Yonda Sisko Pimpin AMSI Sumbar

Nasrul Azwar pimpinan sidang dari www.sumbarsatu.com menyerahkan berita acara Konferensi Wilayah I kepada Yonda Sisko sebagai ketua terpilih AMSI Sumbar, disaksikan Ade Suhendra dan Agoez Perdana

Nasrul Azwar pimpinan sidang dari www.sumbarsatu.com menyerahkan berita acara Konferensi Wilayah I kepada Yonda Sisko sebagai ketua terpilih AMSI Sumbar, disaksikan Ade Suhendra dan Agoez Perdana

Padang, sumbarsatu.com—Setelah melewati proses sidang yang penuh kekeluargaan, Yonda Sisko terpilih secara musyawarah sebagai Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sumatera Barat, periode 2017-2020, Selasa (07/11/2017).  

Konferensi yang dilaksanakan di Fave Hotel Padang ini dihadiri 20 orang anggota yang terdiri dari 13 media daring (dalam jaringan) di Sumbar, dan peninjau.

Awalnya, sempat mengapung 2 nama yang ikut memperebutkan posisi Ketua AMSI Sumbar, namun saat penyampaian visi dan misi, calon Andika D Khagen menyatakan mendukung Yonda Sisko.

“Saya menyatakan mendukung Yonda Sisko sebagai Ketua AMSI Sumbar,” kata Andika, sehingga dengan ucapan itu, dia sebenarnya menyatakan tak maju untuk dipilih. Dengan demikian, Yonda jadi satu-satunya calon ketua selkanjutnya dipilih secara musyawarah.

Konferensi Wilayah I yang dilangsungkan sejak pagi hingga sore ini, dipimpin Nasrul Azwar sebagai Ketua Sidang dan Ade Suhendra, Sekretaris  Sidang.

Konferensi ini dibuka dengan diskusi bersama seluruh anggota yang hadir, dipimpin langsung oleh koordinator AMSI wilayah Sumatera, Agoez Perdana.

Untuk wilayah Sumatera, Sumbar merupakan wilayah ke dua yang melaksanakan konferensi. Agoez berharap ketua terpilih berkompeten di bidangnya dan mampu membangun jaringan agar AMSI bisa lebih baik ke depannya.

Dengan banyaknya organisasi yang lahir di Sumbar, baik itu dalam bentuk paguyuban, wartawan dan organisasi media lain, diharapkan kehadiran AMSI memberikan warna baru di Sumbar dan beda dengan organisasi-organisasi lainnya.

Suwarjono, Ketua Bidang Organisasi AMSI Pusat mengatakan target untuk saat AMSI di masing-masing kabupaten/kota memilki jumlah anggota 15 media. Untuk syarat mendirikan AMSI di Kabupaten/Kota, Kata Suwarjono harus memiliki anggota 10 media daring.

Menurut Suwarjono, saat ini AMSI sedang mengupayakan untuk mendorong asosiasi-asosiasi di tingkat wilayah serta memperbanyak jumlah anggota. Karena hadirnya AMSI merupakan salah satu jawaban dalam menghadapi peralihan ke media digital saat ini.

“AMSI juga bertujuan mendorong pertumbuhan media daring yang sehat, serta peningkatan kapasitas konten sebagai upaya memerangi hoaks. Karena itulah, AMSI berupaya bagaiamana setiap anggota berperan aktif, baik itu untuk diskusi dan lain hal yang terkait dengan persoalan yang dihadapi media daring,” kata Suwarjono.

“Sebagai media daring, kita harus kuat dalam empat hal, yaitu konten, IT, penyampaian konten dan pemasara,” tambahnya.

Selain itu, menurut Suwarjono, di masing-masing kabupaten/kota jumlah media mencapai angka 190 media. Karena itu, AMSI hadir sebagai wadah yang akan merumuskan kebijakan yang terkait dengan persoalan media daring. Sebagai salah satu contoh, persoalan verifikasi.

Banyak media yang tercatat di seluruh Indonesia, jumlahnya mencapai 43 ribu media, yang hanya terverifikasi di Dewan Pers itu hanya 200-an media.

Yonda Sisko, Ketua AMSI Sumbar terpilih ucapkan terima kasih banyak kepada peserta dan kepercayaan serta amanah yang diberikan akan dilaksanakan dengan baik.

“Semoga apa yang menjadi cita-cita bersama bisa terwujud,” kata Yonda Sisko.

Selanjutnya, Yonda akan menyusun kabinet atau kepengurusan dan program AMSI Sumbar paling lama 30 hari ke depan.

Inilah peserta Konferensi AMSI Sumbar:

1. covesia.com : Yonda Sisko dan Rudrik
2. redaksisumbar.com : Randi Pangeran dan Bisri Batubara
3. klikpositif.com : Andika dan Dios
4. pasbana.com : Sapta dan Budiono
5. padangkita.com : Yose Hendar dan Heri Faisal
6. sumbarsatu.com : Nasrul Azwar dan Gusriyono
7. mentawaikita.com : Rus Akbar dan Zulkifli
8. ranah.id : Hendra Makmur
9. sudutpayakumbuh.com : Ade Suhendra
10. beritanagari.com : Hijrah Adi Sukrial
11. kabarpadang.com : Ikwan
12. halosumbar.com : Donal Chaniago
13. gosumbar.com : Jontra 

BACA JUGA