Jum'at, 20/10/2017 21:33 WIB

Agam Jadi Tuan Rumah Rakor Adminduk se-Sumbar

Kabupaten Agam dipercaya sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi (Rakor) Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dan Pencatatan Sipil kabupaten/Kota se-Sumbar IV

Kabupaten Agam dipercaya sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi (Rakor) Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dan Pencatatan Sipil kabupaten/Kota se-Sumbar IV

Agam, sumbarsatu.com- Kabupaten Agam dipercaya sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi (Rakor) Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dan Pencatatan Sipil kabupaten/Kota se-Sumbar IV, yang merupakan gawe Dinas Pengendalian Penduduk KB, dan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat, di Hotel Maninjau Indah, Kamis (19/10/2017) malam.

Forum Kepala Disdukcapil se-Sumbar tersebut di buka Bupati Agam, diwakili Asisten I Setda Agam, Drs. Yosefriawan, dan dihadiri Kepala Dinas Pengendalian Penduduk KB, dan Pencatatan Sipil Sumbar H. Novrial, SE, MM, Ak, dan kepala serta sekretaris Disdukcapil se- Sumatera Barat.

Pada kesempatan itu, Yosefriawan mengungkapkan, Rakor Adminduk itu merupakan forum bagi pelaku Administrasi Disdukcapil kabupaten/kota se- Sumbar. Forum tersebut digelar secara bergiliran, di mana saat ini giliran Agam sebagai tuan rumah. Forum ini bermanfaat untuk sharing informasi, tukar pengalaman, dan media silaturrahmi.

"Pelayanan Adminduk sangat sensitif, salah sedikit banyak umpatan yang diterima dari masyarakat. Kita mengapresiasi pelayanan Adminduk Agam, tidak ada waktu yang kosong, bahkan hari libur tetap melakukan pelayanan ke- kecamatan, di samping pelayanan di kantor," ujarnya.

Lebih lanjut Yosefriawan mengungkapkan, berkat pelayanan yang diberikan Adminduk pada masyarakat, Disdukcapil Agam memperoleh penghargaan dari Pemprov Sumbar, sebagai yang terbaik dalam melahirkan produktivitas pencatatan sipil tentang penerbitan akta. intinya forum ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan mengintrospeksi masalah pelayanan Adminduk yang diberikan pada masyarakat.

Sementara Novrial mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk peningkatan kinerja Disdukcapil se-Sumbar. Dalam momen ini, pihaknya akan membahas segala bentuk permasalahan-permasalahan yang dihadapi sebelumnya, kemudian mencari solusi bersama. Diberikan kesempatan kepada Disdukcapil kabupaten/kota untuk melakukan perbaikan setelah digelar forum ini.

"Di samping itu, juga ada beberapa tema yang akan di perbincangkan dengan Disdukcapil kabupaten/kota, seperti permasalahan tentang sinergi data dengan imigrasi, masalah bagaimana imigrasi menggunakan data, masalah tentang pemakaian data pusat atau pelayanan, masalah tentang capaian DAK, dan masalah kunjungan Dirjen," ujarnya menjelaskan.

Ia mengungkapkan, dalam taraf nasional, Sumbar relatif di posisi atas dalam capaian kinerja untuk perekaman KTP. Saat ini Sumbar sudah mencapai 92 persen dari target 100 persen perekaman KTP hingga akhir tahun. Sedangkan, untuk akta 77,6 persen dari target 85 persen penerbitan akta hingga akhir tahun.

"Kita pakai dua indikator itu di tingkat nasional, dan kita berada pada posisi atas. Namun, ada sedikit masalah realisasi DAK yang akan dibahas dalam forum tersebut, karena Disdukcapil ada yang telat melakukan pengadaan, yang memang diadakan di APBD perubahan," ujarnya pula.

Lebih lanjut Novrial menyebutkan, kemarin pihaknya melihat pelayanan di Agam cukup bagus, baik pelayanan di kantor, maupun pelayanan keliling ke kecamatan. Dengan demikian, rencananya pelayanan keliling ke kecamatan di set per-tahun, dengan artian pihak kecamatan, unsur muspika, dan wali nagari sudah tau kapan warganya dikunjungi. Jika masyarakat mengetahui, yang akan datang pun banyak. (MSM)

BACA JUGA