Jum'at, 20/10/2017 02:34 WIB

BLK Agam Berupaya Cetak Tenaga Terampil

Suasana belajar peserta pelatihan membuat bed cover di BLK Agam

Suasana belajar peserta pelatihan membuat bed cover di BLK Agam

Agam, sumbarsatu.com - Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Agam berupaya mencetak tenaga kerja terampil, sehingga mereka mampu bersaing di bursa tenaga kerja, ungkap Kepala UPT BLK Agam, Yuli Zamra, Kamis (19/10/2017), di ruang kerjanya.

Pelatihan yang dilakukan berbasis peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas bagi pencari kerja.

“Saat ini sedang berlangsung pelatihan menjahit membuat bed cover bagi 16 peserta,” ujarnya.

Dikatakannya bahwa, kegiatan tersebut dilakukan untuk menyukseskan program Pemerintah Pusat di Agam.

Sebelumnya, BLK Agam sudah melaksanakan pelatihan Teknik Las 3 G, Otomotif Mekanik Sepeda Motor, Perbengkelan Las, Bordir dan SMAW 3 G. Tinggal 2 kegiatan lagi yang akan dilaksanakan pekan depan, yaitu Pelatihan Instalasi Listrik Penerangan, dan Teknik Kendaraan Ringan, seperti mekanik mobil bensin," ujarnya pula.

Dikatakan, kegiatan tersebut dibiayai APBN, dengan total dana Rp376.528 juta, dan APBD Agam Rp244.340 juta. Empat paket memanfaatkan dana APBN dan 3 paket dana APBD.

Ia menjelaskan, baru-baru ini pihaknya juga telah melakukan pelatihan di LP Kelasw II B Padang Lansano, Lubuk Basung. Pesertanya warga binaan, dengan kompetensi Bengkel Las.

"Kita berharap, dengan adanya pelatihan keterampilan, yang dilaksanakan UPT BLK Agam, menurunnya angka pengangguran, dan kemiskinan di daerah ini, dan dapat meningkatkan daya saing daerah, melalui pertumbuhan ekonomi,” ujarnya berharap.

Bagi peserta, yang telah menamatkan pelatihan, pihak BLK juga bersedia memfasilitasi yang bersangkutan untuk mencari pekerjaan, atau magang.

"Saat ini, 5 orang tamatan BLK Agam, dengan keahlian membordir, telah kami fasilitasi. Kini mereka magang di sulaman H. Rosma di Baso," ujar mengakhiri pembicaraan. (MSM)

Suasana belajar peserta pelatihan membuat bed cover di BLK Agam

 

BACA JUGA