Selasa, 17/10/2017 17:38 WIB

Disdukcatpil Agam Berikan Pelayanan Khusus bagi Siswa

Siswa melakukan rekam data

Siswa melakukan rekam data

Agam, sumbarsatu.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Agam memberikan pelayanan khusus bagi para siswa SMA dan sederajad. Mereka diberi pelayanan perekaman data untuk penerbitan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) di sekolah masing-masing.

Kebijakan itu diterapkan, menurut Kadisdukcatpil Agam, Drs. Misran, M.Pd, Selasa (17/10/2017), agar para siswa memperoleh pelayanan tanpa harus mengorbankan waktu belajar mereka.

Siswa yang mendapat pelayanan khusus tersebut adalah mereka yang sudah berusia 17 tahun ke atas. Kebijakan itu sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

Selasa (17/10/2017), Disdukcapil Agam, melakukan perekaman KTP-e bagi 300 siswa SMAN 2 Lubuk Basung, yang telah berusia 17 tahun ke atas, di SMA tersebut.

Untuk itu, dua petugas diturunkan guna melakukan pekerjaan dimaksud. Persyaratannya, mereka cukup membawa foto copy Kartu Keluarga (KK).

Menurutnya, banyak siswa SMA, SMK, maupun MA yang sudah wajib memiliki KTP, tapi mereka tidak memiliki waktu untuk mengurusnya. Untuk menyikapi hal itu, pihaknya melakukan sistem jemput bola ke sekolah, untuk melakukan perekaman bagi siswa berusia di atas 17 tahun, agar mereka bisa memiliki KTP.

"Untuk proses perekaman yang dilakukan di sekolah, seperti pengambilan foto, sidik jari, rekam mata, dan lainnya, sedangkan pencetakan dilakukan di Disdukcapil, karena keterbatasan alat. Perekaman ini dilakukan saat jam kerja kantor," ujarnya pula.

Kegiatan yang sama juga sudah dilakukan di SMAN 3 Lubuk Basung, untuk 99 siswa. Direncanakan Senin (23/10/2017) dilanjutkan ke SMAN 1 Lubuk Basung. Kegiatan ini akan dilanjutkan ke sekolah lainnya yang ada di daerah itu.

"Perekaman itu perlu dilakukan bagi siswa menjelang pelaksanaan UN 2017, karena tamat dari SMA mereka sudah mulai membutuhkan KTP, baik untuk melanjutkan pendidikan, maupun mencari pekerjaan," ujarnya pula.

Wakil Humas SMAN 2 Lubuk Basung, Irdawati mengatakan, perekaman ini sudah dua kali di SMAN 2 Lubuk Basung. Sebelumnya dilakukan bagi ratusan siswa September 2016. Pada saat itu KTP-e nya diserahkan Bupati Agam H. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah.

"Kita mengharapkan perekaman ini selesai menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2017, agar siswa yang tamat bisa memiliki KTP, dan bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan, begitu juga bagi yang hendak mencari pekerjaan," ujarnya berharap. (MSM)

BACA JUGA