Kamis, 12/10/2017 20:45 WIB

Yulfadri Nurdin: Kekayaan Aset Daerah Harius Dikelola Secara Baik

Wabub Solok, H. Yulfadri Nurdin SH di Dusdikpora Kabupaten Solok.

Wabub Solok, H. Yulfadri Nurdin SH di Dusdikpora Kabupaten Solok.

Arosuka, sumbarsatu.com - Aset daerah merupakan kekayaan daerah yang pada hakikatnya terdiri dari aset bergerak dan tidak begerak, kata Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, ketika membuka pertemuan pemegang Aset Dinas Pendidikan Kabupaten Solok, Ruang Pertemuan Disdikpora, Arosuka Kamis (12/10/2017).

Aset pemerintah ini dapat berperan sebagai jaminan pembangunan di daerah, untuk itu tambah Wabub, pemegang aset harus menjaga aset daerah untuk tidak berpindah tangan secara ilegal serta memudahkan pihak pemerintah daerah dalam melakukan pengelolaan lebih lanjut.

"Karena itu, pengelolaan aset bertujuan agar aset daerah dapat memberi manfaat, khususnya dari segi pendapatan daerah," kata Yulfadri Nurdin.

Di samping itu, aset daerah merupakan kekayaan yang dapat berperan sebagai jaminan pembangunan daerah, tukuk Wabub.

"Masalah yang umum terjadi terhadap aset pemerintah, yakni belum lengkapnya dokumen, bahkan tidak ada sama sekali," katanya.

Wabup menambahkan, tidak jarang pula, aset daerah tersebut hilang akibat berbagai alasan tertentu, Artinya, posisi aset daerah relatif lemah dalam aspek pengamanannya.

Oleh karenanya, diperlukan upaya pengamanan aset daerah melalui pendataan dan penglegalisasiannya dalam bentuk dokumen dilengkapi dengan identitas fisik. DW

 

 

BACA JUGA