Kamis, 12/10/2017 20:26 WIB

Belajar Tak Hanya pada Buku, Tapi Juga dari Perjalanan Hidup

-

-

Arosuka, sumbarsatu.com- Belajar tidak hanya dari buku, tetapi juga dari perjalanan hidup yang kita jalani atau dari perjanan hidup orang lain, kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Solok, Drs. Syahrul Efendi, MM, ketika membuka pertemuan pengelola pendidikan Dasar di Ruang Pertemuan Disdikpora Kabupaten Solok, Kamis, (12/10/2017).

"Kita perlu membuka pintu hati dan pikiran kita, agar setiap ilmu yang lewat dapat kita tangkap, lalu kita jadikan bagian sebagai suatu pembelajaran," kata Kadis.

Belajar juga tidak hanya bagaimana belajar untuk sukses, tambah Kadis, dihadapan Kepala UPT Dikdas, Kapela SMP dan guru, tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana belajar dari suatu kegagalan.

"Sukses itu merupakan suatu tujuan, tapi jalan untuk kesana tidaklah selalu dihiasi dengan kesuksesan pada setiap langkah kita," ujarnya.

Kadang ada langkah kita yang tidak dengan sengaja telah menginjak duri, yang tentu saja akan membuat kita meringis. Jika ini terjadi, kita tentunya tidak boleh berbalik arah, kita harus terus berjalan agar tujuan kita tercapai.

Kalau kita amati secara seksama, banyak orang yang sukses di dunia, adalah orang tekun dan fokus. Orang yang sukses bukanlah orang yang suka pakai ilmu “kutu loncat”, yang suka mencoba-coba dan tidak fokus, mereka ini telah menghabiskan tenaga dan waktunya untuk bereksperimen, jelasnya.

Tapi, sesuatu yang baik dan benar, seringkali tidak gampang untuk dilaksanakan. Tidak gampang untuk bisa tekun dan fokus, itu akan membutuhkan pengorbanan, tambahnya.

"Ada banyak godaan dalam setiap langkah, yang membuyarkan tekad kita. Namun, jika kita selalu bisa belajar, baik dari buku, dari orang lain dan dari diri sendiri, maka semua itu tidak akan berat," tukuknya.

Mari jaga diri kita dari kesombongan untuk tidak mau belajar, dari buku-buku, dari pengalaman hidup orang lain dan dari pengalaman hidup kita sendiri.Sesuatu itu ada ilmunya, ilmu itu bisa datang kapan saja, dan dari siapa saja. DW.

Peserta pertemuan dengan Kadis Disdikpora Kabupaten Solok, Drs. H. Syahrul Efendi. MM.

 

BACA JUGA