Kamis, 12/10/2017 19:54 WIB

KB Kesehatan Digerakkan Hingga ke Kecamatan

YUN SYAHRIAN: PKK KECAMATAN DIMINTA AKTIF

Ketua TP PKK Hj Yun Syahiran bersama Wabup Yulianto saat acara KB Kesehatan

Ketua TP PKK Hj Yun Syahiran bersama Wabup Yulianto saat acara KB Kesehatan

Pasaman Barat, sumbarsatu.com—Ketua PKK Pasbar Ny. Yun Syahiran menekankan kepada seluruh tim penggerak PKK kecamatan agar aktif menjalankan program PKK, termasuk gerak PKK KB Kesehatan. Karena PKK merupakan kelompok perempuan yang berkaitan langsung dengan kesehatan ibu dan anak.

Hal ini disampaikan oleh Yun Syahiran dalam sambutan rapat kesepakatan kesatuan gerak PKK Kesehatan di tingkat Kabupaten Pasbar, Kamis (12/10/2017) di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat.

Sebagai Ketua PKK, dia berpesan agar kader-kader PKK bisa bekerja dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

“Implementasi Program KB harus menjadi gerakan yang diterima oleh seluruh kalangan masyarakat. Oleh karena itu, Program KB harus dilakukan secara sinergi. Ibu-ibu penggerak PKK diharapkan bisa lebih fokus dalam pelaksanaan program KB keseharan,” harap Yun Syahiran.

Ia menambahkan, KB kesehatan merupakan dambaan seluruh lapisan masyarakat. Dengan keluarga yang bahagia dan sehat akan menjadikan penduduk Indonesia yang berkualitas.

“Namun satu hal yang tidak dapat kita lepaskan masalahnya ialah adanya kenyataan yang cukup memprihatinkan yakni makin pesatnya jumlah bertambahnya penduduk di negara kita Indonesia. Kalau dahulu kita melihat penduduk yang masih jarang, namun sekarang hampir di tiap tempat telah penuh dengan penghuni. Dapatkah saudara-saudara membayangkan betapa sempit dan makin sulitnya usaha-usaha kita kalau penduduk kita semakin membengkak. Kenyataan inilah yang mendorong pemerintah untuk mengambil kebijaksanaan Program Nasional Keluarga Berencana,” urai Yun Syahiran.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasbar ketika membuka rapat kesepakatan tersebut mengatakan kesatuan gerak PKK KB kesehatan merupakan salah satu bentuk intensifikasi gerakan PKK beserta lintas sektor terkait. Kegiatan tersebut bertumpu pada kegiatan kelompok masyarakat, PKK institusi KB kesehatan di nagari dengan kader sebagai ujung tombak.

“Pemerintah daerah kabupaten Pasbar berharap agar tim penggerak PKK mampu menjalin kerjasama dengan SOPD terkait untuk terus mengembangkan potensi dan jaringannya. Sehingga dapat menjangkau seluruh keluarga dan masyarakat,”kata Yulianto.

Selain itu, tambah Yulianto target kerja pemerintah dalam bidang pembangunan kesejahteraan tidak bisa lepas dari peran aktif PKK beserta kadernya. Kesuksesan peningkatan pelaksanaan posyandu pembentukan dasawisma yang baru serta mengaktifkan dasawisma yang sudah ada.

"Keberhasilan keluarga berencana dan kesehatan tidak lepasd ari peran aktif PKK mulai dari tingkat jorong, nagari sampai ke tingkat nasional," katanya.

“Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan kesatuan gerak PKK KB kesehatan sya menghimbau kepada seluruh SOPD terkait untuk ikut memberikan sumbangsihnya dalam pelaksanaan kesatuan gerak PKK kesehatan yang berlangsung dari bulan Oktober hingga Desember 2017 ini,” tambah Yulianto.

Pihaknya yakin bahwa dalam jangka waktu tiga bulan ini dapat digunakan untuk memacu semangat untuk meneruskan dan menjaga kelangsungan program-program pokok PKK bersama dengan lintas sektor.(SSC)

Ketua TP PKK Hj Yun Syahiran bersama Wabup Yulianto saat acara KB Kesehatan
 

BACA JUGA