Rabu, 11/10/2017 19:42 WIB

Miko Kamal, Mengeritik dengan Solusi

PELUNCURAN DAN BEDAH BUKU "CATATAN TATA KELOLA KOTA"

Wali Kota Padang meresmikan peluncuran yang dikuti dengan bedah buku

Wali Kota Padang meresmikan peluncuran yang dikuti dengan bedah buku "Catatan Tata Kelola Kota: Kritik dan Gagasan" Rabu (11/10/2017)

Padang, sumbarsatu.com--Buku "Catatan Tata Kelola Kota: Kritik dan Gagasan" yang ditulis Miko Kamal menjernihkan pikiran, membuka mata, memberikan solusi untuk masa depan tata kelola Kota Padang. Buku ini wajib baca bagi para calon Wali Kota Padang yang akan ikut berkompetisi pada pilkada Padang.

Demikian dikatakan Mahyeldi Ansharullah, Wali Kota Padang, saat meluncurkan dan bedah buku kompilasi "Catatan Tata Kelola Kota: Kritik dan Gagasan" karya Miko Kamal, di Balairung Cararaka Gedung B Universitas Bung Hatta, Ulak Karang, Padang, Rabu (11/10/2017).

"Miko Kamal memberikan kritikan sekaligus solusinya. Penataan Jalan Permindo Pasar Raya Padang yang hasilnya dapat kita lihat sekarang ini merupakan gagasannya yang selanjutnya dieksekusi Pemko Padang. Sinergitas dan kerja sama antarpedagang karena pendekatan yang dilakukan Miko Kamal," kata Mahyeldi.

Mahyeldi melanjutkan, buku ini akan dia rekomendasikan kepada seluruh pejabat Pemerintah Kota Padang agar membaca buku ini dan selanjutnya dipratikkan.

"Kepada calon Wali Kota Padang yang semangat ikut dalam pilkasa nanti, saya juga rekomendasikan untuk baca buku ini," ujar Mahyeldi yang disambut riuh ratusan peserta yang ada di ruang itu. Memang, saat peluncuran itu, tampak hadir calon Wali Kota Padang Alkudri, Hendra Septa, dan Maidestal Hari Mahesa.

Menurut Mahyeldi, buku "Catatan Tata Kelola Kota: Kritik dan Gagasan"merupakan buku pertama yang membahas Kota Padang ditulis dengan landasan hukum yang kuat. "Buku ini ditulis dengan gaya bertutur dan semua orang yang membaca mudah memahami."

Miko Kamal, yang juga salah seorang praktisi hukum dan akademisi di Universitas Bung Hatta mengatakan, buku ini merupakan kumpulan tulisannya yang sudah dimuat berbagai media cetak di Padang. Tulisan-tulisan dikelompokkan dalam 4 bab.

Buku setebal 185 halaman yang diterbitkan oleh Penerbit Erka CV Rumah Kayu Pustaka Utama, dengan menyertakan 5 endorsement (pendukung), yaitu Mahyeldi Ansharullah, Nashrian Bahzein (Pemimpin Redaksi Padang TV), Azwar Ananda (Rektor UBH), Khairul Jasmi (Pemimpin Redaksi Harian Singgalang), dan Dony Oskaria (anggota KEIN dan Komisaris Garuda Indonesia).

"Masing-masing bab itu, berisi gagasan tentang tata kelola kota, terutama untuk Kota Padang, membandingkannya dengan sistem tata kota-kota di negara lain, seperti Australia dan Inggris. Tata kelola merupakan faktor penting dalam menentukan sukses atau gagalnya pengelolaan sebuah kota. Cara memimpin dan kepemimpinan kota menjadi kunci suksesnya tata kelola," kata aktivis sosial dan kolumnis ini.

Untuk pembedah buku ini ialah Asrinaldi (FISIP Unand), Nashrian Bahzein, dan Didi Irawadi Syamsuddin (prakrisi hukum di Jakarta) dan diskusi diatur Sukri Umar, mantan Pemimpin Redaksi Padang Ekspres. Hadir pula dalam kegiatan ini Rektor UBH Azwar Ananda, Rektor Universitas Baiturrahmah Musliar Kasim, pamong senior Rusdi Lubis, mantan Rektor Unand Werry Darta Taifur, wartawan senior Fachrul Rasyid, aktivis literasi Yusrizal KW, Arlin Teguh (motivator), Alizar Tanjung (sastrawan), mahasiswa serta praktisi hukum dan politisi. (SSC)

BACA JUGA