Selasa, 10/10/2017 07:15 WIB

Saka Bakti Husada Nasional Dilantik, Ini Pesan Menkes dan Ketua Kwarnas Pramuka

Menkes dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka

Menkes dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka

Jakarta, sumbarsatu.com - Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault melantik Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Untung Suseno Sutarjo sebagai Ketua Pimpinan Satuan Karya Pramuka (Pinsaka) Tingkat Nasional Pergantian Antar Waktu (PAW) Masa Bakti 2014-2019. Pelantikan digelar di Auditorium Prof. Dr. G.A. Siwebessy, Lantai 2 Gedung Prof. DR. Sujudi, Kemenkes pada Senin (9/10) sore.

Mengenakan seragam Pramuka lengkap, Adhyaksa Dault bersama Menteri Kesehatan Nila F Moeloek tiba di lokasi pelantikan pukul 15.30 WIB. Pukul 15.40 WIB, Adhyaksa selaku Pembina Upacara mengambil tempat pelantikan, didampingi Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek yang juga anggota Mabinas Gerakan Pramuka itu.

"Dengan rahmat Tuhan YME pada hari ini, 9 Oktober 2017, saya lantik Kakak-kakak sebagai Ketua dan anggota Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional Pergantian Antar Waktu Masa Bakti 2014-2019," kata Adhyaksa Dault saat melantik Pinsaka Bakti Husada di lokasi.

Dalam sambutannya, Adhyaksa berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan yang selama ini banyak membantu kegiatan Pramuka. “Kegiatan Pramuka lebih banyak di luar ruangan dan selalu melibatkan ratusan bahkan puluhan ribu perserta, dalam kegiatan-kegiatan tersebut selalu ada peran besar Kementerian Kesehatan. Kakak-kakak dari Kemenkes dan Saka Bakti Husada selalu menjaga adik-adik Pramuka dalam banyak kegiatan,” jelas dia.

Adhyaksa juga berharap kolaborasi antara Gerakan Pramuka dan Kemenkes terus ditingkatkan, utamanya dalam bencana alam dan musibah kemanusiaan yang terjadi. “Kerjasama Gerakan Pramuka dan Kemenkes sudah lama terjadi di lapangan dalam berbagai aksi-aksi kemanusiaan, ini harus kita tingkatkan,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek mengaku setuju dengan Adhyaksa Dault. Saka Bakti Husada, kata dia, diharapkan tidak hanya preventif di bidang kesehatan kegiatan, melainkan juga terus memaksimalkan pencegahan generasi muda dari ancaman narkoba, miras, dan lain-lain.

"Saka Bakti Husada menunjukkan perannya untuk menjadikan generasi muda berkualitas. Bonus demografi yang saat ini kita miliki akan sia-sia jika generasi mudanya terserang narkoba, HIV/AIDS, dan lainnya," terang Nila F Moelok dalam sambutannya.

Anggota Mabinas Gerakan Pramuka itu mengajak untuk menjaga kesehatan generasi muda melalui Gerakan Pramuka. "Ini dapat dilakukan melalui Gerakan Pramuka. Kami sangat terbuka membantu Pramuka. Selamat buat Kakak-kakak yang dilantik. Semoga dapat amanah, dapat rida dari Tuhan, semoga dilancarkan," pungkasnya. (SSC)

BACA JUGA