Senin, 09/10/2017 23:36 WIB

Lisda Rawdha Promotor Aliansi Pessel Peduli untuk Muslim Rohingya

GERAKAN AKAN DIPERLUAS

Penyerahan penghargaan kemanusiaan dari Kepala Marketing Aksi Cepat Tanggap (ACT) Zeng Wellf, Perwakilan Sumbar, untuk Pessel Peduli Rohingya kepada Lisda Rawdha dan Kepala BKPSDM Ahda Yanuar perwakilan Bupati Pessel.

Penyerahan penghargaan kemanusiaan dari Kepala Marketing Aksi Cepat Tanggap (ACT) Zeng Wellf, Perwakilan Sumbar, untuk Pessel Peduli Rohingya kepada Lisda Rawdha dan Kepala BKPSDM Ahda Yanuar perwakilan Bupati Pessel.

Pessel, sumbarsatu.com--Penutupan aksi penggalangan dana untuk muslim Rohingya di Myanmar ditandai dengan peluncuran malam amal "Aliansi Pessel Peduli." Kegiatan yang diselenggarakan di Gor Zeini-Zein Painan itu berlangsung khidmat pada Sabtu malam, (7/10/2017) lalu.

Ketua TP-PKK Lisda Rawdha sekaligus Promotor Aliansi Pessel Peduli , dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh dunsanak yang telah ikut berpartisipasi dan ikut terlibat dalam aksi sosial penggalangan dana untuk muslim Rohingya di Myanmar.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan sosial ini. Baru sekitar tiga minggu berjalan, dana yang sudah terkumpul dan masuk ke rekening kita mendekati angka 200 juta rupiah lebih," kata Lisda dalam sambutannya.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah kegiatan aksi penggalangan dana untuk Muslim Rohingya selesai, maka akan dilanjutkan pula dengan peluncuran "Aksi Pessel Peduli." Diharapkan ke depannya kegiatan tersebut terus bersinambungan, sehingga benar-benar mendapat tempat di tengah-tengah masyarakat.

"Jangan sampai tungau di seberang lautan kelihatan, sementara gajah di pelupuk mata kita tidak kelihatan. Nah, ke depannya kita berharap agar aksi sosial ini terus berkesinambungan dan tak berhenti sampai di sini saja," harapnya.

Menurut Lisda, setelah dibentuknya Aliansi Pessel Peduli, maka masih banyak sejumlah pekerjaan rumah yang harus dikerjakan. Sesuai dengan moto "Basamo Mangko Manjadi", maka ia sangat optimistis seluruh kesenjangan sosial di tengah-tengah masyarakat akan terus dibenahi secara perlahan.

"Disertai dengan niat yang tulus, menggandeng seluruh pihak dan donatur, serta melibatkan sejumlah pemuda yang aktif dalam kegiatan sosial. Maka tak ada yang tak mungkin, jika kita mau bekerja sama. Seperti pepatah Bung Karno saat memberikan motivasi kepada bangsa Indonesia "Beri saya sepuluh pemuda, maka akan saya guncang dunia. Semoga ke depannya Pessel benar-benar terbebas dari potret kemiskinan dan kesenjangan sosial," ujar Lisda penuh semangat.

Sementara itu, Kepala Marketing Aksi Cepat Tanggap (ACT) Zeng Wellf, mengaku kagum dan bangga dengan sosok Lisda Rawdha, yang telah terjun langsung mengajak seluruh masyarakat Pesisir Selatan (Pessel) untuk bergerak dalam aksi sosial penggalangan dana muslim Rohingya di Mynmar.

"Kegiatan beliau ini patut kita beri apresiasi. Hal itu, dapat kita lihat dari sejumlah tayangan video aksi yang bergerak dilapangan. Semua pihak ikut terlibat, mulai dari pemerintah, swasta, BUMN, BUMD, sejumlah komunitas Bikers, bahkan kalangan masyarakat pedagang dan anak-anak Sekolah, ikut memberikan sumbangsih dalam aksi penggalangan tersebut," ungkap Zeng, usai menyaksikan tontonan video kegiatan aksi penggalangan dana Muslim Rohingya di Pessel.

Dijelaskannya, ke depannya Aksi Cepat Tanggap (ACT) perwakilan Sumbar, siap bekerja sama dengan Aliansi Pessel Peduli dalam kegiatan yang bersifat sosial demi meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. Menurutnya, pada tahap awal donasi yang sudah terkumpul untuk Rohingya, secara keseluruhan di Sumbar pada tahap awal mencapai angka kurang lebih Rp3 Miliar.

"Dana yang sudah terkumpul untuk tahap awal ini, dari Pemprov sekitar Rp750 juta, Pemko Rp500 juta, tambah Pessel Rp207 juta. Kalau secara global, sudah terkumpul kurang lebih sekitar Rp70 Miliar. Rencananya dalam pertengahan bulan ini, akan kita salurkan ke Bangladesh tempat muslim Rohingya saat ini mengungsi," sebutnya.

Penutupan aksi penggalangan dana untuk Muslim Rohingya dan lounching Aliansi Pessel Peduli malam itu, juga mendatangkan aktris Ibukota Jakarta Elma Theana, aktris dan sekaligus bintang iklan berkebangsaan Indonesia itu, dinobatkan sebagai Duta Aliansi Pessel Peduli.

"Alhamdulillah. Gak nyangka aja ya, sampai di Pessel langsung jadi Duta Aliansi Pessel Peduli. Semoga saja dengan amanah yang sudah dipercayakan ini, saya benar-benar mampu menjadi pribadi yang lebih baik dan ikut mempromosikan wisata keluar daerah hingga mancanegara. Saya benar-benar kagum dan bangga dengan keindahan wisata yang ada di Pessel, apalagi Mandeh," tutupnya Elma Theana sambil tersenyum. (MIN/Advertorial)

BACA JUGA