Senin, 09/10/2017 12:42 WIB

Batang Batahan Pasaman Barat Meluap, 13 Rumah Rusak

Akibat curah hujan tinggi, sekitar 13 unit rumah warga di Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat,  rusak akibat banjir Sungai Batahan, Senin (9/10/2017).

Akibat curah hujan tinggi, sekitar 13 unit rumah warga di Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, rusak akibat banjir Sungai Batahan, Senin (9/10/2017).

Simpang Empat, sumbarsatu.com- Akibat curah hujan tinggi, sekitar 13 unit rumah warga di Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, rusak akibat banjir Sungai Batahan, Senin (9/10/2017).

"Ya benar, kita sudah turun ke lapangan pagi ini untuk memberikan bantuan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pasaman Barat, Try Wahluyo di Simpang Empat, Senin (9/10/2017).

Menurut dia, saat ini pihaknya sedang melakukan pertolongan kepada warga yang menjadi korban hantaman banjir itu. "Selain memberikan pertolongan, kami juga mendata berapa rumah yang rusak. Untuk sementara ada 13 unit rumah yang rusak. Sebagian ada yang ambruk akibat luapan banjir itu," katanya.

Ia menyebutkan hingga saat ini tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir itu. Namun akibat banjir, ruma rusak dan lahan pertanian juga ada yang terendam air.

Menurutnya, banjir yang melanda Jorong Kampung Baru Nagari Batahan itu disebabkan hujan lebat yang melanda daerah itu sejak Minggu, (8/10) sore.

Hujan yang tidak henti-hentinya maka pada Senin (9/10) pagi banjir datang tiba-tiba dan merendam rumah warga dengan ketinggian air sekitar satu meter.

Akibat hantaman air itu, sekitar 13 unit rumah warga yang berada di tepi sungai ada yang ambruk dan rusak. Saat ini penghuni rumah untuk sementara pindah kerumah yang lebih aman.

"Kita akan berikan bantuan san kalau perlu tenda darurat," katanya.

Salah seorang warga Batahan, Andri mengharapkan agar Pemkab Pasaman Barat segera memberikan bantuan berupa makanan dan tenda.

"Mudah-mudahan banjir cepat surut dan warga kembali beraktifitas seperti biasanya," harapnya.

Informasi yang dihimpun di lapangan korban yang rumahnya ambruk adalah adalah Zulkifli, Zulhendri, Khairani, Rudi Elvi, Zulkisman, Iyus, Ati, Upiak, Rudi Hartono, Lamek, Khairuddin, Tapa dan Tono. (SSC)

BACA JUGA