Jum'at, 06/10/2017 18:54 WIB

Warga Paninjauan Gelar "Arak Dulang Bamego" untuk Wali Nagari Terpilih

Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Sumatra Barat,  masyarakat mengadakan upacara

Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, masyarakat mengadakan upacara "arak dulang bamego" untuk Wali Nagari terpilih, Darsel Ilyas, Kamis, (5/10/2017).

Arosuka, sumbarsatu.com--Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, masyarakat mengadakan upacara "arak dulang bamego" untuk Wali Nagari terpilih, Darsel Ilyas, Kamis, (5/10/2017).

Dari namanya saja mungkin kita sudah bisa menggambarkan seperti apa upacara kegembiraan anak nagari. Ya, masyarakat berjalan beriring-iringan (seperti pawai) sambil membawa dulang bamego.

Upacara diawali dengan berkumpulnya warga di suatu tempat yang merupakan start upacara dulang bamego tersebut.

Setelah itu mereka berjalan mengelilingi nagari sambil membawa dulang mereka serta diiringi musik talempong yang dimainkan oleh sekelompok laki laki dan wanita. Iring-iringan itu berakhir di tugu pasar Paninjauan.

Setelah masyarakat sampai ditugu, ada pertunjukan tari selamat datang untuk bupati, camat, wali nagari, dan tamu undangan lainnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari bundo kanduang (tokoh nagari) dan bupati yang berupa balas pantun. Kemudian bupati, camat, wali nagari, bundo kanduang, ninik mamak, serta masyarakat memasuki masjid beriring-iringan untuk mengikuti acara selanjutnya.

Setelah selesai upacara dulang bamego, masyarakat mengumpulkan dulang yang berisi nasi, sambal dan nasi lamak, mereka tempat yang telah disedikan lalu acara berlangsung layaknya acara-acara pada umumnya, yaitu pembukaan, sambutan-sambutan, dan penutup.

Acara terakhir adalah makan bersama, makanan itu juga disiapkan oleh masyarakat secara bersama-sama. Sungguh sangat terasa kuat kekeluargaan dan kepedulian mereka.

Arak Dulang Bamego untuk Darsel Ilyas yang dibawa masyarakat mencerminkan persaudaraan antarwarga masyarakat, antara masyarakat dengan tokoh nagari serta antara masyarakat dengan pejabat.

Tokoh masyarakat Paninjauan, Zanibar mengatakan, Upacara arak dulang bamego merupakan salah satu budaya Nagari Paninjauan yang perlu dilestarikan agar kekayaan bangsa tersebut tetap terjaga dan tidak luntur. DW.

Arak Dulang Bamego di Nagari Paninjauan.

 

BACA JUGA