Rabu, 27/09/2017 16:06 WIB

Potensi Pariwisata Agam Melimpah

Sarasah Tigo Tingkek, potensi wisata yang menunggu jamahan tangan terampil, anak nagari Pasia Laweh

Sarasah Tigo Tingkek, potensi wisata yang menunggu jamahan tangan terampil, anak nagari Pasia Laweh

Agam, sumbarsatu.com- Kabupaten Agam merupakan daerah yang kaya dengan potensi pariwisata. Objek potensial tersebut tersebar di nagari yang ada di daerah itu, termasuk di Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh.

Di Nagari Pasia Laweh, setidaknya terdapat 10 objek wisata. Objek tersebut akan dijadikan prioritas pembangunan dan pembenahan tahun depan, seperti diungkapkan Wali Nagari Pasia Laweh, , Zul Arfin, Rabu (27/9/2017).

Pembangunan objek wisata potensial tersebut bertujuan untuk meningkatkan ekonomi anak nagari. Promosi wisata akan digenjot, sehingga publik mengenal objek potensial tersebut.

Ia menjelaskan, untuk memetakan objek wisata dan mempromosikan potensi yang dimiliki nagari, perlu bekerja sama dengan berbagai kalangan, baik itu dari provinsi dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, jorong, bundo kanduang, dan lembaga nagari, serta masyarakat di nagari itu sendiri.

"Kita terus menggenjot perekonomian masyarakat melalui pengembangan potensi wisata yang ada , di mana Nagari Pasia Laweh memiliki 10 objek wisata yang akan dijadikan prioritas pembangunan dan pembenahan di tahun anggaran 2018," ujarnya.

Di samping itu, secara bertahap Pemerintah Nagari Pasia Laweh akan menunjang perekonomian masyarakat dengan membentuk Agro Wisata Ladang Ateh, serta membangun outlet pedagang jeruk manis.

Dijelaskan, salah satu objek potensial, yang juga sudah banyak dikenal, adalah Objek Wisata Air Terjun Sarasah Tigo Tingkek, yang berada di Jorong Sungai Guntung.

Dikatakan, pembangunan dan pembenahan pariwisata, dilakukan seiring dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata. Salah satunya membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan peningkatan UMKM nagari. Ditegaskan, pembangunan pariwisata nagari tanpa harus menghilangkan kearifan lokal.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat. Dra. Armiati, sangat mendukung program nagari tersebut. Menurutnya, itu menunjukan keseriusan wali nagari untuk membangun nagarinya.

"Mudah-mudahan Nagari Pasia Laweh terus bangkit dan berbenah, serta ekonomi masyarakat terus meningkat, karena terbukanya lapangan kerja baru di berbagai sektor nantinya," ujarnya. (MSM)

Sarasah Tigo Tingkek, potensi wisata yang menunggu jamahan tangan terampil, anak nagari Pasia Laweh

BACA JUGA