Kamis, 17/08/2017 20:43 WIB

HUT Kemerdekaan RI Membawa Berkah bagi Warga Binaan Lapas


Bupati Agam menyerahkan SK remisi kepada warga binaan Lapas Kelals II B Lubuk Basung

Bupati Agam menyerahkan SK remisi kepada warga binaan Lapas Kelals II B Lubuk Basung

Agam, sumbarsatu.com--Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), selalu membawa berkah bagi sebagian warga binaan (napi) Lapas. Begitu juga dengan warga binaan Lapas Kelas II B Padang Lansano, Manggoph, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

Pada HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Kamis (17/8/2017), 117 warga binaan Lapas Klas IIB Padang Lansano menerima remisi, dan 3 orang di antaranya dinyatakan bebas.

Remisi diserahkan Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah secara simbolis didampingi Kalapas Lubuk Basung, Radi Setiawan, usai upacara HUT RI ke-72 di halaman kantor bupati, Kamis (17/8/2017).

Radi Setiawan menyebutkan, jumlah napi dan tahanan di Lapas Klas IIB sebanyak 217 orang, dan 120 orang diajukan untuk remisi. Namun yang dikabulkan hanya 117 orang. Sebanyak 114 remisi khusus I atau biasa, dan tiga lainnya remisi khusus II, atau langsung bebas.

"Untuk tiga orang yang mendapatkan remisi langsung bebas tersebut, tersandung kasus perlindungan anak dan narkotika," ujarnya.

Dikatakannya, remisi yang diberikan berdasarkan kelakuan baik mereka selama berada di Lapas. Penerima remisi kali ini mayoritas tersangkut kasus pidana umum seperti, pencurian, perlindungan anak, dan lakalantas," ujarnya.

Disebutkan, dari 217 penghuni lapas tessbut, 40 persen terlibat kasus pidana umum, 50 persen kasus narkotika, dan 10 persen kasus lainnya. (MSM)

Bupati Agam menyerahkan SK remisi kepada warga binaan Lapas Kelals II B Lubuk Basung

BACA JUGA