Selasa, 15/08/2017 14:07 WIB

33 Ribu Lebih Bayi dan Balita di Agam Peroleh Vitamin A

Ketua TP. PKK Agam, Ny. Vita Inda Catri di salah satu Posyandu

Ketua TP. PKK Agam, Ny. Vita Inda Catri di salah satu Posyandu

Agam, sumbarsatu.com- Bulan Vitamin “A”, Agustus 2017, 4.031 orang bayi, dan 29.605 balita di Kabupaten Agam memperoleh suplemen vitamin “A,” sepeti disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Agam, Dr. H. Indra Rusli, Selasa (15/8/2017).

Vitamin “A” tersebut diberikan di Posyandu. Namun bagi bayi dan balita yang tidak datang ke Posyandu, petugas mendatangi rumah warga yang memiliki bayi dan balita tersebut, untuk memberikan suplemen vitamin “A.”

"Kami menurunkan petugas Posyandu untuk mendatangi rumah warga yang memiliki bayi dan balita, untuk memberikan langsung suplemen vitamin A kepada sasaran," ujarnya.

Dijelaskan, pemberian suplemen vitamin “A” dilakukan dua kali setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Saat ini 859 unit Posyandu sudah mulai membagikan vitamin A kepada bayi dan balita di wilayah tugasnya.

Pada Februari 2017, sebanyak 33.560 orang mendapatkan vitamin “A” dari sasaran 33.636 orang, atau sekitar 99,07 persen.

Menurutnya, pemberian vitamin “A” pada bayi dan balita dapat mencegah kebutaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain menurunkan petugas, Dinkes Agam juga telah melakukan sosialisasi kepada warga, agar membawa anak mereka ke Puskesmas, Pustu, atau Posyandu.

"Sosialisasi itu dilakukan melalui spanduk, dan telah dipasang di setiap puskesmas dan pustu," ujarnya pula.

Dengan cara ini, maka seluruh bayi dan balita mendapatkan vitamin “A.” Vitamin “A” juga bermanfaat untuk pertumbuhan anak, dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta melindunginya dari infeksi penyakit. Kekurangan vitamin A dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pada anak, terutama anak-anak dengan usia 6-11 bulan, dan 12-59 bulan. (MSM)

BACA JUGA