Sabtu, 12/08/2017 14:25 WIB

Senator Asal Papua: Indonesia Butuh Keahlian Keperawatan Filipina

-

-

Jakarta, sumbarsatu.com - Delegasi Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) mengunjungi Asosiasi Perawat Nasional (PNA) Filipina di Distrik Malate, Manila, Kamis 10 Agustus 2017.

Pentingnya PNA didatangi, menurut anggota Delegasi BKSP DPD RI Delis Julkarson, karena Filipina terbilang cukup maju sektor pendidikan keperawatannya.

“Filipina sangat terkenal dengan pendidikan keperawatan, dan perawat-perawat mereka diakui dan dihargai oleh dunia internasional”, kata Delis, anggota DPD RI dari Sulawesi Tengah yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Perawat laki-laki maupun perempuan di Filipina lanjut dokter itu, harus melewati pendidikan dengan kurikulum berbasis-kompetensi dan berorientasi komunitas selama empat ahun.

Sementara Senator dari Provinsi Papua Carles Simaremare menambahkan, ada baiknya bagi Indonesia untuk menambah ilmu di bidang keperawatan dengan Filipina.

“Indonesia dengan sumberdaya manusia muda dan berlimpah memerlukan pengalaman dan keahlian Filipina di bidang keperawatan,” kata Carles.

Pendeta itu menambahkan menurut Statistik Kementerian Tenaga Kerja Amerika Serikat, negara itu memerlukan 1,2 juta tenaga keperawatan dalam tahun 2014 hingga 2022 yang antara lain dipicu oleh pertumbuhan penduduk berusia tua. (BAL)

BACA JUGA