Sabtu, 12/08/2017 07:18 WIB

Petugas Kebersihan Absen Pagi di Masjid Agung Nurul Falah

Petugas K-3 konsultaasi keagamaan sambil ngopi pagi.

Petugas K-3 konsultaasi keagamaan sambil ngopi pagi.

Agam, sumbarsatu.com- Mulai Jumat (11/8/2017), petugas kebersihan yang bertugas di ibu kota Kabupaten Agam, Lubuk Basung, melaksanakan absen pagi di Masjid Agung Nurul Falah, Lubuk Basung, usai salat subuh berjamaah.

"Kebijakan ini adalah bagian dari realisasi mendukung Program Nagari Madani, sesuai arahan Bapak Bupati H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah," ujar Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. H. Isman Imran, M.Si.

Isman Imran mewajibkan seluruh petugas kebersihan,terutama yang berada di lingkungan Masjid, mengisi absen pagi di Masjid Agung Nurul Falah.

Untuk memotivasi mereka, pihak dinas menyediakan snack, seperti kopi, teh, dan roti sebagai pangganti sarapan pagi mereka.

“Kami juga mengajak donatur, yang ingin menyumbang sarapan pagi dan sejenisnya," ujarnya pula.

Petugas kebersihan yang berada di bawah Dinas Lingkungan Hidup saat ini berjumlah 75 orang. Namun untuk sementara diprioritaskan kepada mereka yang berada di sekitar lingkungan masjid agung. Selepas sholat subuh, mereka juga dapat melaksanakan konsultasi keagamaan bersama Imam Masjid Agung, Ustadz Ajo Agam, S.Si.

Menurut Nayar, salah seorang petugas kebersihan dari Manggopoh, seumur hidup baru pertama kali ia dan kawan-kawan melaksanakan salat subuh pakai sujud tilawah atau sujud sajadah.

“Meskipun lama, dan panjang, namun kami betah. Kami sangat berterima kasih atas kebijakan ini, selama ini kami bangun sebelum subuh, bekerja sampai siang. Terkadang tidak mempedulikan salat, yang menjadi kewajiban kami kepada Allah," ujarnya dengan nada sendu, dan mata berkaca-kaca.

Nayar, yang sehari-hari bertugas menyapu jalan di depan Masjid Agung sampai lampu merah tersebut, kini mengaku mulai merasakan ketenangan bekerja setelah menunaikan sholat Subuh Berjamaah di Masjid. (MSM)

Petugas K-3 konsultaasi keagamaan sambil ngopi pagi.

BACA JUGA