Sabtu, 12/08/2017 07:10 WIB

Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Lubuk Basung Dilatih Keterampilan Las

-

-

Agam, sumbarsatu.com--Sebanyak 30 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Padang Lansano, Lubuk Basung mendapat pelatihan keterampilan las. Pelatihan tersebut merupakan kerja sama pihak Lembaga Pemasyarakatan dengan Pemkab Agam.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Dadi Setiawan mengatakan, warga binaan berhak mendapatkan keterampilan lain, sehingga setelah keluar nanti yang bersangkutan bisa merasa lebih berharga dan bermanfaat. Hal itu diharapkan mampu meminimalkan mereka melakukan tindak pidana kembali.

"Pada kesempatan kali ini kita sudah mulai melakukan pembekalan keterampilan kepada warga binaan bekerja sama dengan BLK. Sebelumnya juga sudah pernah dilakukan, namun pada kesempatan ini diberikan kemampuan lain, yaitu menggunakan las," ujarnya.

Dikatakannya, kebanyakan orang berpandangan jika Lembaga Pemasyarakatan adalah tempat orang yang tidak berguna, serta melanggar hukum.Mereka tidak akan akan pernah berubah. Pandangan ini tidak sepenuhnya benar, karena banyak para napi, setelah keluar dari LP tidak mengulang melakukan perbuatan melanggar hukum

Mereka sadar, serta tidak lagi terjerumus kepada kesalahan yang sama. Inilah salah satu tanggung jawab Lembaga Pemasyarakatan memberikan pembinaan, sehingga mereka sadar, kemudian terhindar dari melakukan perbuatan melanggar hukum.Salah satunya dengan memberikan keterampilan serta, menumbuhkan kesadaran dalam diri mereka.

"Pelatihan diberikan kepada 30 orang napi yang sudah memasuki masa sisa kurungan yang relatif singkat. Dalam artisan, mereka sebentar lagi akanbebas. Selama tiga puluh hari ke depan mereka diharapkan sudah bisa menggunakan mesin las," ujarnya pula.

Di samping keterampilan, di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Padang Lansano Lubuk Basung, juga dilakukan pembinaan spritual kepada warga binaan. Musala dihidupkan dengan salat berjemaah, dan menghadirkan penceramah untuk memberikan siraman rohani kepada warga binaan. (MSM)

BACA JUGA