Sabtu, 15/07/2017 21:25 WIB

Agam Punya Sembilan Pokdarwis

Suasana pengukuhan Pokdarwis Ikan Sakti Sungai Janiah

Suasana pengukuhan Pokdarwis Ikan Sakti Sungai Janiah

Agam, sumbarsatu.com- Saat ini kabupaten Agam sudah memiliki sembilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), ungkap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispapora) Agam, Hadi Suryadi, SH, Sabtu (15/7/2017). Namun enam lagi belum dikukuhkan.

Pokdarwis ketiga yang dikukuhkan adalah Pokdarwis Ikan Sakti, Sungai Janiah, Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Jumat (14/7/2017).

Pengukuhan tersebut dilakukan guna menguatkan kelembagaan Pokdarwis dimaksud. Diharapkan setelah dikukuhkan, pengurus segera menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, serta Program kerja kelompok.

"Pokdarwis Ikan Sakti Sungai adalah kelompok yang ke-tiga dikukuhkan, setelah Pokdarwis Koto Rantang Adventure di Nagari Koto Rantang, Palupuh, dan Pokdarwis Koto Gadang, Nagari Koto Tinggi, Baso," ujarnya.

Untuk meningkatkan kapasitas anggotanya, bulan depan semua Pokdarwis yang sudah dikukuhkan akan diberikan bimbingan teknis, guna meningkatkan keterampilan anggota kelompok mengelola lembaganya, sehingga tujuan akhir memberi manfaat kepada  anggota dan masyarakat sekitar lokasi wisata, dapat diwujudkan secara maksimal.

"Hingga akhir juli ini enam Pokdarwis lagi, yang sudah ditetapkan dengan keputusan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, segera kita kukuhkan," ujarnya pula.

Keberadaan Pokdarwis sangat strategis, guna menggenjot pembangunan pariwisata di Agam, terutama dalam membina para pelaku pariwisata, agar berperilaku terpuji,dan profesional.  (MSM)


Suasana pengukuhan Pokdarwis Ikan Sakti Sungai Janiah


BACA JUGA