“Tukang Baruak” Panen Raya

Sabtu, 24/06/2017 16:17 WIB
Sudin setekah memanen kelapa pelanggannya. Jelang sehari Lebaran, pesanannya melimpah ruah

Sudin setekah memanen kelapa pelanggannya. Jelang sehari Lebaran, pesanannya melimpah ruah

Solok, sumbarsatu.com—Semarak Lebaran 2017 dinikmati semua kalangan selain pedagang di pasar yang sibuk melayani pembeli ada juga tukang bBaruak yang panen pesanan untuk memetik buah kelapa.

Sabtu (24/6/2017) sumbarsatu bertemu Rajudin  yang biasa Sudin. Lelaki 53 tahun yang tinggal di Koto Baru, Solok, ini saban hari ditemani seekor baruak dan sepeda motor yang dimodifikasi menjadi sebuah becak, baru selesai saja menurunkan kelapa milik masyarakat di Bawah Duku, Koto Baru. 

Sudin bergerak semenjak subuh, memenuhi janji masyarakat yang membutuhkan jasa baruaknya. Biasanya yang mendapat giliran pagi adalah batang kelapa yang bakaranggo, karena siang karanggo telah berkeliaran sehingga mengganggu tugas baruak memetik kelapa.

“Sejak subuh hingga siang sudah puluhan kelapa diturunkan,” kata Sudin.  

Ia menyebutkan, dari pemilik kelapa, ia menerima 20 persen dari jumlah kelapa yang diturunkan. Sehari menjelang Lebaran, jadwal penurunan kelapa untuk berbagai kebutuhan sudah penuh. “Sampai sore sudah penuh,” katanya.

"Alhamdulillah, Lebaran membawa berkah untuk kami. Kalaulah tidak kasihan akan baruak  yang lelah, masih banyak pesanan yang datang. Saya bekerja sampai jam dua atau jam tiga, sorenya membawa kelapa ini ke pasar atau kadang ada juga yang membeli di jalan," tambah Sudin beranjak menemui pelanggan selanjut. (FEN)

 

BACA JUGA