Minggu, 18/06/2017 14:39 WIB

Sempat Anjlok, Kini Harga Cabai Merangkak Naik

-Pasar Padang Baru di Lubuk Basung

-Pasar Padang Baru di Lubuk Basung

Lubuk Basung, sumbarsatu.com--Sepekan jelang Idulfitri, harga cabai merah di pasar-pasar tradisional mulai naik. Sebelumnya, beberapa pekan lalu, sempat anjlok.

Pantauan sumbarsatu.com di Pasar Padang Baru Lubuk Basung, Minggu (18/6/2017), pada Kamis lalu, pedagang pengecer menjual cabai merah Rp10 ribu sampai Rp15 ribu per kg. Namun, pada Minggu ini harga cabai merangkak naik menjadi Rp18 ribu sampai Rp27 ribu per kg. Harga jual dipengaruhi kualitas cabai.

Menguatnya harga cabai merah disebabkan pasokan dari luar daerah berkurang. Sementara cabai lokal juga kurang, karena beberapa faktor. Para pedagang memprediksi, menjelang Lebaran harga cabai merah akan terus naik.

Sementara itu, harga kelapa masih bertahan di level Rp5.000/butir untuk ukuran besar dan kualitas bagus. Sedangkan buah ukuran sedang dan kecil berkisar antara Rp4.000 dan 3.000/butir.

“Sudah sejak pekan lalu harga buah kelapa naik, dan pasokan juga tidak banyak,” ujar Herman, salah seorang pedagang pengecer di pasar Padang Baru Lubuk Basung.

Harga daging juga masih bertahan Rp130 ribu/kg untuk daging kualitas bagus. Daging "pacah" Rp100 ribu/kg, dan daging "cancang" Rp60 ribu sampai Rp70 ribu/kg.

Harga kebutuhan lainnya, seperti beras, minyak goreng, bawang merah, dan bawang putih, masih bertahan pada harga pekan lalu. (MSM)

 

BACA JUGA