Rabu, 14/06/2017 22:34 WIB

Hindari Bus Tak Laik Jalan, Menhub Imbau Pemudik Naik Bus Berstiker

Menteri Perhubungan Budi Karya  Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Jakarta, sumbarsatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi akan memberhentikan semua bus tanpa stiker yang beroperasi saat arus mudik. Stiker menurut Menhub, diberikan kepada bus yang lolos uji ramp check.

"Pemberian stiker itu dilakukan untuk memberikan keselamatan bagi penumpang saat perjalanan," kata Budi Karya, dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Budi karya sangat ketat soal keselamatan berkendara. Karena itu, dia sendiri turun ke lapangan dan mengecek langsung ramp check semua kendaraan bus.

Dia tegaskan, pihaknya telah melakukan ramp chek untuk moda angkutan laut, udara, kereta api dan bus, hasilnya relatif memuaskan.

"Ramp check udara, laut dan kereta api relatif memuaskan. Yang darat kurang memuaskan karena ada sejumlah yang belum memenuhi sehingga kami tidak bisa memberikan stiker kepada bus tersebut," katanya.

Untuk mencegah agar tidak ada bus yang melanggar aturan, Menhub mengusulkan kepada Kapolri untuk melakukan sosialisasi agar semua bus harus memenuhi kualifikasi ramp check. "Apabila pada saat lebaran nanti ada bus yang tidak menggunakan stiker, maka kia akan hentikan," tegas dia.

Selanjutnya Menhub juga meminta kepada pengusaha PO untuk melakukan ramp check pada bus yang akan digunakan sebagai angkutan lebaran.

"Saya juga menghimbau pengusaha-pengusaha PO harus melakukan ramp check bus-busnya dalam beberapa hari ini ke dinas perhubungan setempat. Ini sudah hari ke-19 Ramadan, kita kebut seminggu ini dengan all out, kalau perlu 24 jam kita lakukan ramp check. Saya akan melarang bus-bus yang tidak berstiker untuk beroperasi karena beresiko pada keselamatan," tegas Menhub.

Terhadap langkah Menhub yang serius menjaga keselamatan penumpang, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Andre Garu mengapresiasi langkah tersebut.

"Kita tahu bahwa banyak kecelakaan yang terjadi karena bus-bus yang beroperasi tidak laik jalan. Menhub harus menindak tegas pemilik bus yang lalai atau melanggar aturan," kata dia.

Andre juga mengapresiasi program mudik gratis yang digelar Kemenhub demi mengurangi angka kecelakaan di jalan.

"Apalagi program mudik gratis tersebut ditujukan kepada para pemudik bersepeda motor. Mereka adalah kelompok yang sangat rawan kecelakaan," kata Andre.

Untuk mudik kali ini, Kemenhub sediakan sejumlah moda transportasi gratis seperti bus, kereta api, kapal penyeberangan dan kapal Roro. (BAL)

BACA JUGA