Rabu, 06/05/2015 20:36 WIB

650 Mahasiswa dari 72 Negara Ikut Pembekalan Kepulangan Darmasiswa di Sumatra Barat

Mahasiswa Program Darmasiswa latihan seni randai di ISI Padang Panjang

Mahasiswa Program Darmasiswa latihan seni randai di ISI Padang Panjang

Padang Panjang, sumbarsatu.com—Biro Perencanaan Kerja Sama Luar Negeri (PKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang dan Universitas Andalas Unand Padang mengadakan pembekalan kepulangan 650 orang mahasiswa program Darmasiswa RI yang tersebar di 53 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia di tiga kota: Padang Panjang, Bukittinggi, dan Padang.

Kegiatan Pembekalan Kepulangan (Closing Ceremony) ini dilaksanakan pada 21-24 Mei 2015 di Kota Padang, Padang Panjang, dan Bukittinggi  yang merupakan rangkaian kegiatan Darmasiswa di akhir tahun akademik 2014/2015.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana di ISI Padang Panjang Kurniasih Zaitun yang juga menjabat Kepala Kantor Urusan Internasional di Perguruan Tinggi Seni ini, pembekalan kepulangan ini bertema “Memorable days in Minangkabau” ini dilakukan setiap tahun, pada semester genap setiap akhir tahun ajaran.

“Kegiatan ini dilaksanakan di berbagai tempat yang bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Pengelola Darmasiswa setempat, yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada kesempatan kali ini, kegiatan Pembekalan Kepulangan dilaksanakan di Sumatera Barat melibatkan ISI dan Unand,” kata Kurniasih Zaitun kepada sumbarsatu.com, Rabu (6/5/2015).

Kegiatan ini juga  melibatkan secara aktif Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang, Padang Panjang, dan Bukittinggi.

“Sebanyak lebih kurang 650 orang Darmasiswa (dari 72 negara) dan pendamping yang tersebar di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia akan menghadiri acara Pembekalan Kepulangan ini,” jelas salah seorang perempuan sutrdara di Indonesia ini.

Darmasiswa adalah program beasiswa terbuka untuk semua mahasiswa asing dari negara-negara yang memiliki hubungan persahabatan dengan Indonesia untuk belajar bahasa Indonesia, kesenian (musik, tari, seni kriya, fotografi, seni rupa, pedalangan) dan budaya.

Peserta dapat memilih salah satu dari 53 universitas yang berbeda yang terletak di berbagai kota di Indonesia. Program Darmasiswa juga berguna untuk mempromosikan dan mengenalkan Indonesia melalui ilmu pengetahuan, bahasa, kebudayaan dan kesenian kepada mahasiswa asing selama berada di Indonesia.

Dengan adanya program Darmasiswa memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing untuk melakukan studi di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

“Studi yang dilaksanakan bermaksud memperkenalkan ke-Indonesiaan melalui materi pembelajaran yang diberikan selama di Perguruan Tinggi Indonesia. ISI Padang Panjang merupakan salah satu penerima mahasiswa asing dalam program Darmasiswa Republik Indonesia.

Penyelenggaran Darmasiswa merupakan wadah bagi ISI Padang Panjang menuju World Class Program. Dimana karakter pembelajaran yang diberikan serta kurikulum yang dipersiapkan kepada mahasiswa asing, mengarah pada pencapaian dan perwujudan World Class Program.

“Walaupun demikian, sasaran yang diinginkan dalam penyelenggaraan Darmasiswa di ISI Padangpanjang, secara pelaksanaan tetap mengacu kepada program yang telah ditentukan oleh Pemerintah Indonesia dan dijalankan oleh ISI Padang Panjang yang mencerminkan kajian ilmiah pokok “Seni Rumpun Melayu” sesuai dengan visi dan misi ISI Padang Panjang,” katanya.

Negara Peserta Darmasiswa Darmasiswa 2014-2015

Afganistan, Afrika Selatan, Aljazair, Amerika Serikat, Argentina, Australia, Austria, Azerbaijan, Bangladesh, Belanda, Belgia, Brazil, Bulgaria, Ceko, Cile, Cina, Ekuador, Estonia, Fiji, Filipina, Finlandia, Grenada, Hungaria, India, Inggris, Irlandia, Islandia, Italia, Jepang, Jerman, Kamboja, Kazakhstan, Kolombia, Korea Selatan,  Kostarika, Kyrgystan, Laos, Latvia, Lithuania, Madagaskar, Meksiko, Mesir, Myamar, Mongolia, Mozambik, Nepal, Nigeria, Palestina, Panama, Papua Nugini, Perancis, Peru, Polandia, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Srilanka, Swedia, Thailand, Timor Leste, Tunisia, Turkmenistan, Ukraina, Uzbekistan, Venezuela, Vietnam, Yaman, Yordania, dan Yunani

53 Perguruan Tinggi Penerima Program Darmasiswa

 

  1. Universitas Negeri Medan
  2. Universitas Andalas
  3. ISI Padangpanjang
  4. Universitas Sriwijaya
  5. Universitas Bina Darma
  6. Universitas Lampung
  7. Universitas Indonesia
  8. Universitas Negeri Jakarta
  9. Universitas Nasional
  10. Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA Jakarta
  11. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  12. Sekolah Tinggi Pariwisata SAHID
  13. Politeknik Negeri Jakarta
  14. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  15. Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Komputer  IKMI CIREBON
  16. Universitas Pendidikan Indonesia
  17. Universitas Padjajaran
  18. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
  19. Universitas Pasundan, Universitas Komputer Bandung
  20. Telkom University
  21. Institut Teknologi Bandung
  22. Universitas Diponegoro
  23. Universitas Negeri Semarang
  24. Universitas Katolik SOEGIJAPRANATA
  25. ISI Yogyakarta
  26. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  27. Universitas Surabaya
  28. Universitas Kristen Petra
  29. Universitas Negeri Yogyakarta
  30. Universitas Sanata Darma
  31. Universitas Ahmad Dahlan
  32. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  33. Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya Yogyakarta (P4TK)
  34. ISI Surakarta
  35. Universitas Sebelas Maret Surakarta
  36. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  37. Universitas Negeri Malang
  38. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Budi Utomo Malang
  39. Universitas Muhammadiyah Malang
  40. Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Teknologi Malang (P4TK Malang)
  41. Politeknik Negeri Malang
  42. Universitas Negeri Surabaya
  43. Universitas Airlangga Surabaya
  44. Universitas Muhammadiyah Surabaya
  45. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
  46. ISI Denpasar
  47. Universitas Udayana Denpasar
  48. Universitas Pendidikan Ganesha Denpasar
  49. Politeknik Negeri Bali Denpasar
  50. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saraswati Tabanan Denpasar
  51. Universitas Mulawarman Denpasar
  52. Universitas Muhammadiyah Makassar Denpasar

 

BACA JUGA